Profil Sekolah
Visi dan Misi
VISI
“Terbentuknya Peserta Didik yang selalu berkembang dalam prestasi, akhlak mulia, ketangguhan, kernandirian, dan kreatifitas.”
1. Mendorong seluruh warga sekolah untuk selalu mengembangkan diri ke arah yang lebih baik
2. Menciptakan kesadaran peserta didik untuk terus berusaha menjadi pintar dan cerdas.
3. Menimbulkan dan meningkatkan minat seluruh peserta didik untuk membaca dan belajar.
4. Meningkatkan proses pembelajaran dan bimbingan.
5. Menumbuhkan kesadaran seluruh peserta didik untuk perlunya kerja keras dalam proses mengejar cita-cita.
6. Mengarahkan peserta didik untuk kreatif dan inovatif dalam mencari dan mengembangkan sumber belajar.
7. Meningkatkan ketakwaan peserta didik melalui proses pembiasaan dan pembinaan kerohanian.
8. Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, wirausaha dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.
9. Mengarahkan peserta didik bijak dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan kompetensinya.
10. Mengarahkan seluruh warga sekolah membangun suasana dialogis dan kekeluargaan antar anggota komunitas sekolah dan masyarakat.
Sejarang Singkat
SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang semula bernama SMA Negeri 1 Pagedangan Kabupaten Tangerang Provinsi Jawa Barat, Beriringan dengan terjadinya pemekaran wilayah Provinsi Jawa Barat menjadi 2 provinsi, yaitu Jawa Barat dan Banten, serta sebelumnya juga telah terjadi pemekaran Kabupaten Tangerang menjadi 2, yaitu Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang, dan bahkan Kabupaten Tangerang selanjutnya dimekarkan kemball menjadi Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Implikasinya nama-nama lembaga yang ada
di wilayah Tangerang sering berganti nama. Selanjutnya atas kebljakan Bupati Tangerang Drs. H.
Ismet Iskandar mulai tahun 2010, seluruh SMA Negeri yang ada di Kabupaten Tangerang diberi nama dengan angka/bilangan. Pemberian nama angka /bilangan disesuaikan dengan urutan tanggal SK Pendirian sekolah, yang kemudian menyebabkan SMA Negeri 1 Pagedangan berubah menjadi SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang.
SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang merupakan satu-satunya SMA Negeri yang ada di wilayah Kecamatan Pagedangan,berlokasi diantara beberapa kompleks perumahan yang ada di wilayah Kecamatan Pagedangan, tepatnya di perumahan Bumi Puspiptek Asri Blok 1 Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang sekitar ± 150 m dari Jalan Raya Pagedangan.Tanah SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang tadinya sebagai tanah fasilitas sosial / Hibah Dari Puspiptek yang luasnya 5.255 m2, dibangun dari anggaran tahun 2006 / 2007 sebanyak 6 ( lima ) ruang belajar.Tahun 2006 / 2007 SMAN 1 Pagedangan ( SMAN 22 Kabupaten Tangerang ) mulai menerima siswa sebanyak 6 kelas dan merupakan kelas jauh dari SMA Negeri Se kabupaten Tangerang dengan Kepala Sekolah Perintis Bapak Drs. H. Dedi Herayi, M.Pd Setiap tahun pelajaran jumlah Siswa meningkat, maka tahun 2006 tepatnya tanggal 26 April 2006 SMA Negeri 1 Pagedangan menjadi SMA Negeri yang mandiri dengan Kepala Sekolah yang definitive yaitu Bapak Drs.H.Dedi Heryadi,M.Pd dengan SK Keputusan Bupati No. 421/Kep.134 – Huk/2006 Tanggal 26 April 2006.
Sarana & Prasarana
Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah :
3.1 Tanah dan Halaman
SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang pada saat ini memiliki lahan yang cukup luas sekitar 5.255 m2, yang terdiri atas bangunan / ruangan kelas dan Iain-Iain sekitar 2.212 m2, dan lahan yang menjadi lapangan, tempat parkir dan halaman sekjtar 3.043 m2.
3.2 Gedung Sekolah
Bangunan SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang yang dipergunakan pada umumnya dalam kondisi baik, namun ada beberapa ruangan yang perlu direhab, baik rehab ringan maupun rehab berat. Ruang Kelas untuk kegiatan belajar mengajar sebanyak 23 ruangan dan cukup memadai untuk seluruh rombongan belajar yang ada 23 rombel.
3. Personil Sekolah
MA Negeri 1 Pagedangan didirikan pada tahun 2006 yang merupakan Kelas Jauh (K)) dari SMA Negeri se Tangerang. Pimpinan sekolah yang pernah bertugas di SMA Negeri 1 Pagedangan (SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang ) sejak awal berdlri adalah :
Tabel 2.1
Daftar Pimpinan SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang
NO | NAMA | PERIODE TUGAS | Masa Jabatan |
1 | Drs.H.Dedi Heryadi.,M.Pd | 2006 – 2013 | 7 Tahun |
2 | Drs. Susanto | 2014 – 2015 | 1 Tahun |
3 | Cahya Budi, S.Pd | 2015 – 2019 | 4 Tahun |
4 | Lewiyanti Sekrenitiyanah, M.Pd | 2020 – 2020 | 1 Bulan |
5 | Endang Tirtana, S.Pd.,MM | 2020 Sd/Saat ini | 1 Bulan Berjalan |
Sumber : Administrasi Sekolah SMAN 22 Kabupaten Tangerang Jumlah seluruh personil adalah sebanyak 52 orang.
1. Terdiri dari 40 Guru
2. Karyawan Tata Usaha 6 Orang
3. Pramubakti 4 Orang
4. Satpam 2 Orang
- Kelas X MIPA 1
- Kelas X MIPA 2
- Kelas X MIPA 3
- Kelas X MIPA 4
- Kelas X IPS 1
- Kelas X IPS 2
- Kelas X IPS 3
- Kelas XI MIPA 1
- Kelas XI MIPA 2
- Kelas XI MIPA 3
- Kelas XI MIPA 4
- Kelas XI IPS 1
- Kelas XI IPS 2
- Kelas XI IPS 3
- Kelas XII MIPA 1
- Kelas XII MIPA 2
- Kelas XII MIPA 3
- Kelas XII MIPA 4
- Kelas XII MIPA 5
- Kelas XII IPS 1
- Kelas XII IPS 2
- Kelas XII IPS 3
- Kelas XII IPS 4
- Ruang Kepala Sekolah
- Ruang Tata Usaha
- Ruang Lobi
- Ruang Guru
- Ruang Osis
- Ruang BK/BP
- Ruang Piket
- Ruang Gudang
- Ruang Satpam
- Ruang UKS
- Ruang Seni
- Ruang Server
- Lab Komputer
- Perpustakaan
- Masjid
- Green House
- Parkir
- Musholla Guru
- WC Guru
- WC Laki-laki
- WC Perempuan
- Koperasi
- Kantin
- G. Olahraga
- Panggung Terbuka
Struktur Organisasi

Kepala Sekolah

Endang Tirtana S.Pd.,MM.SMA Gita Kirti Kodya Bogor, (1990), SMPN 1 Parungpanjang-Bogor ( 1987). SDN 06 Parungpanjang ( 1981). S1, UNIGAL Ciamis Jurusan Pendidikan Sejarah, ( 1995), S2, STIE-Institut School Management /ISM Jakarta (2012)
Program Kerja
Program Unggulan
- Tujuan SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang
- Tujuan 1 tahun ( Tahun Pelajaran 2020 – 2021 )
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan komunitas sekolah terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
- Mengembangkan kedisiplinan seluruh komponen sekolah (stake holder) untuk membentuk pribadi yang tangguh dan berusaha
untuk selalu berubah kea rah yang lebih baik sebagai dasar dalam setiap aktivitas sekolah.
- Membentuk pribadi yang kreatif dan mandiri, sehingga Siap menghadapi perubahan dan tantangan dalam pemenuhan
keterampilan hidup ( life skill ).
- Melestarikan budaya daerah dengan mengembangkan mulok propinsi yaitu membatik dengan pola batik banten.
- 100% Iulusan tahun 2021 dapat diterima di perguruan tinggi melalui jalur undangan (persentase kuota jalur undangan untuk SMAN 22 Kab, Tangerang adalah 30%).
- Tahun 2021 peserta didik SMAN 22 Kab. Tangerang minimal dmencapai tingkat propinsi untuk lomba FLS2N, OSN dan 02SN.
- Pembangunan satu ruang kelas baru
- Menambah jumlah infocus dan speaker
- Pembuatan satu studio live streaming
- Tujuan Jangka Menengah ( 3 tahun )
- Pembangunan sport hall
- Pembangunan dua unit lab IPA
- Memperluas sarana ibadah (mushola).
- Mengondisikan tempat-tempat strategis untuk kegiatan
literasi dengan literatur yang menarik.
- Mengondisikan tempat untuk istirahat (makan) peserta didik.
- Tujuan Jangka Panjang
- Membuat green house dan hidrophonik di lingkungan sekolah.
- Mewujudkan ruang kelas yang memiliki alat multimedia untuk menunjang proses pembelajaran.
- Mewujudkan aula sekolah untuk kegiatan yang memerlukan ruangan besar.
- Mewujudkan laboratorium sesuai dengan spesifikasi mata pelajaran (Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Matematika).
- Mewujudkan ruang UKS
- Mewujudkan ruangan OSIS dan ruangan untuk kegiatan
ekstrakurikuler.(disusun berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah mengacu pada hasil analisis kontek tahun pelajaran 2020 — 2021).
- Indikator Keberhasilan
- Tujuan Jangka Pendek (1 tahun) :
- Kegiatan 3S (senyum, salam, sapa) menjadi pembiasaan yang selalu dilakukan oleh seluruh civitas akademika.
- Persentase kehadiran tepat waktu pada proses pembetajaran mencapai 100%.
- Kegiatan proses pembelajaran dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan oleh sekolah diikuti oleh seluruh civitas akademika.
- Melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi guru dari segi teknologi media dan pengetahuan mengenai bahan ajar sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
- Peserta didik mempraktikkan membatik mulai dari dasar sampai menjadi sebuah kain batik.
- Persentase peserta didik yang melanjutkan keperguruan tinggi semakin meningkat.
- Peserta didik berhasil menjuarai kegiatan FLS2N, OSN dan 02SN minimal tingkat provinsi.
- Tujuan Jangka Monongah (3 tahun) :
- Tersedianya jumlah Infocus dan speaker pada setiap ruang belajar.
- Tersedia 3 studio live streaming
- Mushola yang sudah ada kondisinya somakin bajk dan diperluas arealnya,
- Sudut baca tersedia dengan literatur yang menarik.
- areal tempat stirahat/makan untuk peserta didik semakin representatif.
- Tujuan Jangka Panjang
- Tersedianya green house dan hidroponik yang dikelola oleh peserta didik dengan pengawasan dari guru biologi dan prakarya.
- Tersedianya ruang kelas yang dilengkapi dengan alat multimedia (setiap ruang kelas dapat difungsikan sebagai studio live streaming )
- Tersedianya aula sekolah.
- Tersedianya laboratorium Fisika, Kimia, Biologi dan Geografi,
- Tersedianya ruang UKS.
- Tersedianya ruang OSIS dan ruang untuk kegiatan
Komite Sekolah
- Tugas Pokok Komite Sekolah
NAMA | SAEPUL IKHWAN, S.Sos |
NIP | – |
TUGAS | KOMITE SEKOLAH |
Bersama pihak sekolah merumuskan dan menetapkan visi dan misi sekolah
- Menyelenggarakan rapat-rapat komite sesuai dengan program yang ditetapkan
- Bersama pihak sekolah menyusun dan menetapkan standar pelayanan pembelajaran di sekolah
- Bersama pihak sekolah menyusun dan menetapkan rencana strategik pengembangan sekolah
- Bersama pihak sekolah menyusun dan menetapkan rencana tahunan sekolah yang dirumuskan dalam Rencana Anggaran dan Belanja Sekolah (RAPBS)
- Membahasdan menetapkan pemberian tambahan kesejahteraan bagi Kepala Sekolah, guru dan tenaga administrasi sekolah yang berasal dari masyarakat / orangtua
- Bersama pihak sekolah mengembangkan prestasi unggulan, baik yang bersifat akademis (nilai tes harian, semesteran, dan ujian sekolah / ujian nasional), maupun yang bersifat non-akademis (keagamaan, olahragar seni dan atau keterampilan)
- Menghimpun dan menggali sumber dana dari masyarakat luas untu meningkatkan kualitas pelayanan di sekolah
- Mengelola dana yang bersumber dana dari masyarakat luas untuk kepentingan peningkatan layanan pendidikan yang bermutu
- Menampung dan menyalurkan kontribusi masyarakat yang berupa material dan non material (tenaga, pikiran) yang diberikan kepada sekolah
- Mengevaluasi pelaksanaan program sekolah sesuai dengan kesepakatan dengan pihak sekolah, meliputi : pengawasan penggunaan sarana dan prasarana sekolah, pengawasan keuangan secara berkala dan berkesinambungan
- Mengidentifikasi berbagai permasalahan yang dihadapi sekolah dan mencari solusinya bersama pihak sekolah
- Bersama pihak sekolah mengembangkan kurikulum yang ditetapkan pemerintah sesuai dengan kebutuhan dan potensi sekolah untuk menjadi program unggulan
- Memberikan motivasi dan penghargaan (baik berupa materi maupun non materi kepada tenaga kependidikan atau pihak lain yang berjasa kepada sekolah sesuai dengan peraturan yang berlaku)
- Membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan proses dan hasil pendidikan
- Memantau pelaksanaan proses pelayanan dan hasil pendidikan di sekolah
- Mengkaji laporan pertanggungjawaban pelaksanaan program yang disampaikan oleh Kepala Sekolah
- Menyampaikan usulan atau rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah
- Bersama pihak sekolah memantau dan mendata anak yang tidak mampu untuk mendapat bantuan keringanan dan / atau pembebasan biaya pendidikan berdasarkan ketentuan yang berlaku
- Bersama pihak sekolah memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi, baik itü yang bersifat akademis ataupun non-akademis
- RINCIAN TUGAS : WAKASEK KURIKULUM
NAMA | DRS. JOKO SUHARSANA |
NIP | 19670711 200701 1017 |
TUGAS | WAKASEK KURIKULUM |
Wakasek Kurikulum mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan — kegiatan sebagai berikut :
- Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
- Menyusun pernbagian tugas guru
- Menyusun jadwal pelajaran
- Menyusun jadwal evaluasi belajar
- Menyusun pelaksanaan ekstra / UAN / UAS/UNBK
- Menyusun kriteria dan persyaratan naik / tidak naik kelas, serta lulus / tidak lulus
- Mengkoordinasikan dan mengarahkan menyusun program suatu mata pelajaran
- Menyediakan daftar buku bacaan guru dan siswa
- Menyusun jadwal penerimaan STTB / NEM beserta bukti tanda terimanya
- Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan
- Mengatur pernanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
- Mengatur pengembangan MGMP dan kordinator mata pelajaran
- Melakukan supervisi administrasi dan academis
- Mengatasi hambatan — hambatan yang dapat mengganggu kelancaran KBM
- Menbuat / menyusun laporan pelaksanaan pengajaran secara berkala / insidentil kepada Kepala Sekolah
- RINCIAN TUGAS : WAKASEK KESISWAAN
NAMA | YUNIARTI, M.Pd |
NIP | 19800625 200604 2012 |
TUGAS | WAKASEK KESISWAAN |
Wakasek Kesiswaan mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
- Menyusun program pembinaan kesiswaan / OSIS
- Melaksanakan bimbingan, pengarahan, dan pengendalian kegiatan Siswa / OSIS dalam rangka penegakan disiplin dan tata tertib
- Membina dan mengadakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kerindangan dan kesehatan
- Memberikan pengarahan dalam pemilihan pengurus OSIS
- Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam keorganisasian
- Menyusun program jadwal dan pembinaan Siswa secara berkala dan insidental
- Melakukan pernilihan calon siswa, pemilihan Siswa penerima beasiswa
- Mengadakan pemilihan Siswa untuk mewakili kegiatan di luar sekolah
- Menyelenggarakan cerdas cermat, olahraga prestasi
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala dan isidental kepada Kepala Sekolah
- RINCIAN TUGAS : WAKASEK SAUNA PRASARANA
NAMA | SAHRUDIN, S.Pd |
NIP | 19760902 200801 1007 |
TUGAS | WAKASEK SARANA PRASARANA |
Wakasek Sarana Prasarana mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan — kegiatan sebagai berikut :
- sarana dan prasarana
- Memelihara dan mengawasi sarana dan prasarana sekolah
- Merencanakan pengadaan dan perawatan sarana prasarana
- Membuat dan mengisi buku yang diperlukan untuk inventaris / perlengkapan
- Mengawasi dan mengecek sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan dan segera mengadakan perbaikan / koordinasi sebagaimana mestinya
- Menyediakan / menyimpan alat-alat / bahan untuk mengganti / memperbaiki saran dan prasarana yang rusak / memerlukan perbaikan
- Membuat dan menyusun laporan keadaan sarana prasarana sekolah setiap semester / tahunan kepada Kepala Sekolah
- Tidak diperkenankan meminjamkan sarana dan prasarana sekolah tanpa seijin dari Kepala Sekolah / ketua Komite
- RINCIAN TUGAS : Kepala Tata Usaha
NAMA | ELLY SUMIYATI, S.Pd |
NIP | 19660214 200701 2011 |
TUGAS | KEPALA TATA USAHA |
Kepala Tata USaha mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dałam kegiatan — kegiatan sebagai berikut :
- Menyusun Program Kerja Tata Usaha
- Pengurus dan Administrasi ketenagaan dan kesiswaan
- Pembinaan demi pengembangan karier pegawai tata usaha
- Penyusunan dan penyajian data / statistik sekolah
- Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K
- Mengkoordinasikan semua kegiatan administrasi sekolah
Melaksanakan pengawasan dan penelitian terhadap semua surat sebelum mendapat pengesahan dari Kepala Sekolah
- Menyiapkan, menyimpan, menelusuri, menindak lajuti surat yang telah didisposisi oleh Kepala Sekolah
- Melaporkan atas pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan kepada kepala sekolah secara berkala / isidental.
- RINCIAN TUGAS : WALI KELAS
Wali kelas mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan — kegiatan sebagai berikut :
- Pengelolaan kelas
- Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi :
Denah tempat duduk siswa
Papan Absensi siswa
Daftar pelajaran Siswa
Daftar piket kelas
Buku absensi siswa
Búkü kegiatan belajar mëngajar
- Pengisian dafta bulanan siswa
- Pembuatan catatan khusus tentang siswa
- Pencatatan mutasi siswa
- Pengisian buku laporan pendidikan (raport)
- Pembagian buku pendidikan (raport)
- Mengadakan pengawasan dan pembinaan siswa
- Melakukan pengawasan dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan 7K di kelas dan di lingkungannya
- Membuat laporan secara berkala tentang perkembangan kelasnya (jurnal kelas dan daftar hadir siswa) kepada Kepala Urusan Kurikulum / kesiswaan
- Melakukan kunjungan rumah atau mengadakan pemanggilan orang tua / wali terhadap siswa yang mengalamj masalah
- RINCIAN TUGAS : GURU
Selaku guru bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan tanggung jawab guru meliputi :
- Membuat program pengajaran / rencana kegiatan belajar mengajar semester / tahunan
- Membuat suatu pelajaran (persiapan mengajar)
- Melaksanakan kegiatan belajar mengajar
- Melaksanakan kegiatan penilaian belajar (semester / tahunan)
- Mengadakan pengembangan setiap bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya
- Meneliti daftar hadir siswa sebelum mulai pelajaran
- Membuat dan menyusun lembar kerja siswa (LKS) untuk mata pelajaran yang memerlukan lembar kerja
- Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing – masing siswa
Mengatur / merawat kebersihan kelas, ruang praktek, mengembalikan alat / barang pinjaman, pemeliharaan dan perawatan sarana praktek
- Mengadakan pemeriksaan, pemeliharaan dan pengawasan kebersihan ruangan dan alat-alat praktek lainnya pada setiap akhir pelajaran
- Melaksanakan analisis hasil ulangan harian dan ulangan urnum
- Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
- Membuat alat pelajaran / alat peraga
- Menumbuh kembangkan sikap menghargai katya sendiri
- Mengikuti kegiatan perkembangan kurikulum
- Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
- Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkat
- RINCIAN TUGAS : KOORDINTOR PERUSTAKAAN
NAMA | DRS. ACEP SAEFURRAHMAN |
NIP | 19641228 200701 1019 |
TUGAS | KOORDINATOR PERPUSTAKAAN |
Koordinator Perpustakaan mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
- Membuat program pengelolaan perpustakaan
- Merencanakan pengadaan buku / bahan pustaka
- Selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan ruang perpustakaan
- Membuat perencanaan pengembangan perpustakaan
- Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku / bahan pustaka
- Menginvestasi dan mengadministrasikan buku-buku / bahan pustaka
- Melakukan pelayanan bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan Iainnya, serta masyarakat
- Menyimpan buku-buku perpustakaan secara rapi sesuai dengan aturan
- Menyusun tata tertib perpustakaan
- Memberikan motivasi khususnya kepada Siswa dalam upaya meningkatkan minat baca
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala kepada Kepala Sekolah
- RINCIAN TUGAS : KOORDINATOR BK
NAMA | FIRMAN FIRDAUS, S.Psi |
NIP | – |
TUGAS | KOORDINATOR BK |
Koordinator BK mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan — kegiatan sebagai berikut :
- Menyusun program dan pelaksanaan BK
- Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh Siswa tentang kesulitan belajar
- Memberikan layanan bimbingan kepada Siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
- Memberikan saran dan pertimbangan kepada Siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
- Melaksanakan penilaian pelaksanaan BK
- Menyusun statistik hasil penilaian BK
- Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi
- Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut BK
- Menyusun laporan pelaksanaan BK
- RINCIAN TUGAS : GURU PIKET
Guru piket membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan sbb :
- Guru piket harus datang lebih awal sebelum proses pembelajaran dimulai
- Ikut mengontrol kebersihan ruang guru, pegawai dan lingkungan
- Ikut mengontrol kamar mandi, WC Guru dan pegawai
- Mengkondisikan kelas apabila ada guru yang tidak masuk / terlambat
- Mengantarkan tugas / catatan kepada Siswa apabila gurunya berhalangan hadir
- Boleh masuk ke kelas apabila ingin mengisi jam kelas karena guru bersangkutan tidak mengajar
- Mengkondisikan siswa untuk belajar sendiri atau baca-baca di perpustakaan, apabila gurunya berhalangan hadir / bahkan tidak ada guru sejenis untuk menggantikan kegiatan pembelajaran
- Mengontrol alokasi waktu proses pernbelajaran supaya tidak ada yang dirugikan
- Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung
- Berusaha mengatasi hambatan yang dapat mengganggu kelancaran proses pembelajaran
- Mengecek / mencatat absen siswa dan guru dalam buku piket
- Menunggu dengan sabar samapai berakhirnya proses pembelajaran
- Mengontrol keadaan sekolah menjelang proses pembelajaran setelah berakhir/ selesai
- RINCIAN TUGAS : SATPAM
NAMA | MUHAMMAD NASRI |
NIP | – |
TUGAS | SATPAM |
SATPAM membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan sbb :
- Menjaga keamanan siswa ketika baru masuk lingkungan sekolah
- Mengawasi / mengatur kendaraan siswa, guru, pegawai secara rapi di tempat parkir
- Mengendalikan lalu lintas di sekitar sekolah
- Berjaga-jaga di depan kantor untuk melihat perkembangan selanjutnya
- Melaporkan jika ada łamu datang kepada guru piket dan kepala sekolah / wakil kepala sekolah
- Mengantarkan łamu ke ruang kepala sekolah sesuai dengan keperluannya
- Menunggui sampai łamu bersangkutan diterima oleh yang diperlukan
- Meninggalkan ruang łamu, setelah mohon diri kepada guru atau kepala sekolah
- Berhak mengusir orang luar apabila kehadirannya dapat mengganggu kelancaran proses pembelajaran
- Mencegah dan melerai siswa apabila ada yang berselisih atau berkelahi dan melaporkan kepada guru piket
- Melarang setiap siswa keluar dari halaman sekolah tanpa ijin dari guru piket
- Menjemput siswa ke kelasnya bila ada yang kena bimbingan atau kena pangilan khusus.
- Mengantar siswa ke orang tuanya apabila ada siswa yang sakit
- Selalu mengisi buku laporan harian satpam
- RINCIAN TUGAS : WAKASEK HUMAS
NAMA | DRS. SARNO |
NIP | 19620205 199303 1005 |
TUGAS | WAKASEK HUMAS |
Wakasek Humas mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
- Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua / wali siswa
- Membina hubungan yang harmonis antara sekolah dengan komite sekolah
- Membina pengembangan hubungan antara sekolah dengan lembaga sosial lainnya
- Membina pengembangañ hubungan antara sekolah dengan instansi pemerintah, baik instansi vertikal maupun horisontal
- Membina pengembangan hubungan dalam rangka menjalani kerjasama dengan alumni
- Membuat catatan tenatng pengaduan, keluhan, masukkan, kritik dan saran dari orang tua / wali siswa dan masyarakat
- Menyusun program dan membuat laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara berkala maupun insidentil kepada kepala sekolah
- Mengadakan dan menyelenggarakan pameran hasil pendidikan, Bakti Sosial, karya wisata
- Mengadakan hubungan dengan dunia usaha dan dunia industry
- Mensosialisasikan visi, misi, tujuan dan program sekolah kepada masyarakat atau kepala sekolah
Kelengkapan administrasi Wakasek Humas
- SK Mendiknas RI No.004/U/tanggal 2-04-2002 tentang komite sekolah
- UU No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
- SK Susunan pengurus dan anggota komite sekolah
- Notulen rapat, daftar hadir pembentukan komite sekolah
- Anggaran dasara dan Anggaran rumah tangga komite sekolah
- Struktur organisasi komite sekolah
- Membuat data sekolah, data orang tua / wali siswa, data dunia usaha dan dunia industri, data hasil belajar siswa
- Daftar hadir rapat pengurus dan rapat anggota
- Membuat catatan hubungan masyarakat, agenda dan file surat masuk dan surat keluar
.12. RINCIAN TUGAS : LABORAN
Deskripsi petugas dan penanggung jawab laboratorium
Tenaga yang bertanggung jawab secara langsung dalam hal pengelolaan laboratorium adalah •
- Kepala Sekolah
- Penanggung Jawab
- Penanggugn jawab teknis laboratorium IPA
- Penanggung Jawab laboratorium studi
- Laboran
- Deskripsi tugas Kepala Sekolah
- Memberikan tugas kepada penanggung jawab laboratorium IPA, untuk mengoptimålkan fungsi laboratorium
- Memberi tugas kepada penanggung jawab teknis dan laboratorium untuk bertugas di laboratorium
- Menyediakan dana untuk keperluan operasional laboratorium
- Memberi bimbingan, pengarahan, monitoring laboratorium dna evaluasi kepada tenaga-tenaga yang bertugas di laboratorium
- Memberi motivasi pada guru-guru IPA untuk memanfaatkan sarana laboratorium dalam kegiatan belajar mengajar IPA
- Deskripsi tugas penanggung jawab laboratorium IPA
- Bertanggung jawab atas kelengkapan administrasi laboratorium
- Bertanggung jawab atas kelancaran penggunaan laboratoàum
- Mengusulkan kepada Kepala Sekolah tenbng pengadaan alat bahan laboratorium
- Deskripsi tugas penanggung jawab teknis Laboratorium IPA
- Membantu tugas-tugas penanggung jawab laboratorium
- Dengan sepengetahuan penanggung jawab laboratorium IPA, penanggung jawab teknis dan mengecek kelengkapan dan fungsi alat atau bahan laboratorium IPA serta mengawasi pengelolaan laboratorium
- Bertanggung jawab atas alat-alat yang belum diketahui penggunaannya oleh guruguru tersebut
- Deskripsi tugas penanggugn jawab laboratorium bidang studi
- Melaksanakan kelengkapan administrasi laboratorium masing-masing
- Bertanggung jawab atas penyimpangan perawatan alat atau bahan laboratorium
- Mengawasi kebersihan laboratorium
- Mengusulkan kepada penanggung jawab laboratorium IPA atas pengadaan alat atau bahan IPA yang diperlukan di laboratorium masing-masing
- Deskripsi tugas laboran
- Mengerjakan administrasi laboratorium
- Mempersiapkan dan menyiapkan kembali alat atu bahan yang digunakan dalam KBM
IPA (Fisika, Biologi)
- Bertanggung jawab atas kebersihan ruangan dan alat laboratorium
- Bersama penanggung jawab tekni memperbaiki alat-alat yang rusak atau tidak dapat dipergunakan
Prestasi Siswa
Prestasi di Bidang Akademik :
- Juara I OSN Fisika Tk. Kabupaten Tahun 2013
- Juara I OSN Ekonomi Tk. Kabupaten Tahun 2013
- Juara II OSN Kimia Tk. Kabupaten Tahun 2013
- Juara II OSN Astronomi Tk. Kabupaten Tahun 2013
- Juara I Cerdas Cermat PKn Tk. Kabupaten Tahun 2013
- Juara I Karya Tulis Ilmiah Tk. Kabupaten Tahun 2013
- Juara II Cerdas Cermat Agama Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I & III OSN Fisika Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I & III OSN Astronomi Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I OSN Kebumian Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I OSN Kimia Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara II & III OSN Matematika Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara III OSN Komputer Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I Pidato Bahasa Inggris Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I Cerdas Cermat Empat Pilar Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I OSN Fisika Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I OSN Biologi Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I OSN Komputer Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I OSN Kebumian Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara III OSN Geografi Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I & II OSN Fisika Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara I & II OSN Matematika Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara II & III OSN Biologi Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara II OSN Komputer Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara I & III OSN Kebumian Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara I, II & III OSN Geografi Tk. Kabupaten Tahun 2016
Prestasi di Bidang Non-Akademik :
- Juara I FLS2N Tari Berpasangan Tk. Kabupaten Tahun 2013
- Juara I dan II FLS2N Tari Kreasi Tk. Kabupaten Tahun 2013
- Juara Harapan I FLS2N Tari Berpasangan Tk. Provinsi Tahun 2013
- Juara I O2SN Tenis Meja Tk. Kabupaten Tahun 2013
- Juara III O2SN Karate Tk. Kabupaten Tahun 2013
- Juara I FLS2N Putra/Putri Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I FLS2N Tari Pasangan Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I FLS2N Desain Poster Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara II FLS2N Baca Puisi Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara II FLS2N Teater/Drama Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I O2SN Karate Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I O2SN Lari 100 m Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I O2SN Lompat Jauh (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2014
- Juara I FLS2N Tari Berpasangan Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I FLS2N Vokal Solo (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I FLS2N Film Pendek Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I FLS2N Desain Poster (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I FLS2N Seni Kriya (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara II FLS2N Vokal Solo (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara III FLS2N Baca Puisi Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara III FLS2N Cipta Puisi Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara III FLS2N Tari Berpasangan Tk. Provinsi Tahun 2015
- Juara I O2SN Lari 100 m (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I & III O2SN Karate Kata (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I, II & III O2SN Kumite (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I & II O2SN Kata (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara II O2SN Lari 100 m (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara II O2SN Catur (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara II O2SN Bulu Tangkis (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara III O2SN Kumite (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara III O2SN Catur (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara III O2SN Tenis Meja (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara III O2SN Seni Silat (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2015
- Juara I FLS2N Tari Pasangan Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara I FLS2N Vokal Solo (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara I FLS2N Baca Puisi Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara I FLS2N Cipta Puisi Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara I FLS2N Desain Poster (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara II FLS2N Desain Poster (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara II FLS2N Seni Kriya (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara III FLS2N Film Pendek Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara I O2SN Catur (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara I O2SN Bulu Tangkis (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara I & III O2SN Kumite (-53) (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara I & III O2SN Kumite (+53) (Putri) Tk.Kabupaten Tahun 2016
- Juara II O2SN Silat (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara II O2SN Karate (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara II O2SN Karate Kata (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara II O2SN Karate Kata (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara II O2SN Lompat Jauh (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara II O2SN Lompat Tinggi (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara II O2SN Tenis Meja (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara II O2SN Catur (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara III O2SN Silat (Putra) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara III O2SN Karate Kata (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara III Lari (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2016
- Juara III Lompat Jauh (Putri) Tk. Kabupaten Tahun 2016
Share this